Type something and hit enter

author photo
By On
Android merupakan salah satu platform smartphone yang memiliki aplikasi terbaik yang disediakan gratis maupun berbayar. Banyak sekali aplikasi yang aman terhindar dari virus dan malware yang dapat diinstal secara resmi di Google Play Store.

Namun ternyata masih saja terdapat beberapa aplikasi berbahaya yang mengandung malware maupun virus yang beredar secara bebas diinternet dengan tujuan untuk mengambil keuntungan secara pribadi.

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi tips memilih aplikasi terbaik dan aman agar terhindar dari serangan virus yang membahayakan sistem dan rawan kehilangan data. Atau jika malware sudah masuk smartphone maka banyak gangguan dilayar seperti iklan yang tentu sangat mengganggu kinerja smartphone.

Tips Memilih Aplikasi Android Terbaik dan Aman dari Virus

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan aplikasi android terbaik, dan yang paling penting adalah tidak membahayakan smartphone.

1. Instal Aplikasi Langsung dari Play Store

cara memilih aplikasi android terbaik
Tips yang pertama adalah selalu pastikan instal aplikasi langsung dari situs resmi android yaitu Google Play Store, karena aplikasi yang tersedia sudah disaring oleh pihak Google untuk menjamin keamanan pengguna.

Dan selalu hati-hati dalam menginstal aplikasi selain dari play store, jika setelah instal ada yang mencurigakan atau mengalami eror, langsung saja uninstal aplikasi tersebut. 

Berikut tips memilih aplikasi android terbaik dan aman untuk smartphone. Silahkan simak sampai selesai.

2. Lihat Review Pengguna

Review pengguna merupakan alasan penting untuk instal sebuah aplikasi, pengguna pasti akan jujur mengenai aplikasi yang sudah diinstal.

Jika aplikasi yang diinstal benar-benar manfaat tentu banjir ucapan terima kasih dan disarankan kepada semua orang untuk instal aplikassi tersebut dan sebaliknya jika aplikasi tersebut berbahaya atau banyak mengalami eror maka akan secara terang-terangan protes pada kolom komentar juga memberikan saran kepada pengguna android untuk tidak menginstal aplikasi tersebut.
 

3. Berapa Banyak Orang Yang Instal

Aplikasi yang baik tentu akan banyak terinstal, karena jika sangat manfaat digunakan sudah pasti pengguna tidak akan kecewa. Dan hal ini tentu akan dishare diberbagai akun media sosial juga sangat disarankan oleh pengguna lain.

Silahkan lihat apakah di google play store sudah banyak yang menginstal. Jika sedikit yang instal dan review juga kurang baik. Maka sebaiknya ditinggalkan saja dan mencari aplikasi lain yang serupa.

4. Sesuaikan Versi, Kapasitas RAM dan Kapasitas Penyimpanan

Pastikan aplikasi yang diinstal sesuai dengan versi android anda, untuk mengetahui silahkan pilih Pengaturan >> Tentang Perangkat, disini akan terlihat versi android pada smartphone yang anda pakai.

Cek dulu apakah RAM yang disarankan sudah sesuai? sebagai contoh aplikasi akan berjalan lancar jika menggunakan RAM minimal 512MB, nah jika smartphone anda memiliki RAM dibawah itu maka sebaiknya jangan diinstal.

Lihat juga kapasitas penyimpanan internal, pastikan memiliki space yang lebih sebelum instal aplikasi yang diinginkan. Agar kinerja smartphone bejalan dengan baik, karena jika penyimpanan internal penuh maka akan berjalan lambat.

5. Tidak Boros di Baterai dan Kuota Internet

Cara ceknya cukup mudah, setelah aplikasi terinstal dan digunakan apakah baterai terlalu boros atau aplikasi tersebut memakan banyak bandwidth internet, jika iya sebaiknya uninstal dan ganti aplikasi lainnya. 

Karena aplikasi yang baik adalah tidak memiliki banyak iklan, ramah, tidak membahayakn pengguna dan nyaman dipakai.


6. Pilih Aplikasi yang Gratis Terlebih Dahulu

Persaingan didunia aplikasi memungkinkan untuk membuat aplikasi premium dengan menawarkan berbagai keunggulan menarik. Namun sebaiknya anda periksa dulu apakah ada aplikasi yang sepadan namun dibagikan secara gratis dan memiliki fitur yang cukup untuk kebutuhan anda.

Jika masih terdapat yang gratis, maka sebaiknya gunakan fasilitas tersebut. Namun jika dirasa sangat perlu untuk beli yang premium maka bisa meninggalkan aplikasi yang gratis.

7. Instal APK dari Google Play

Sekarang ini banyak sekali file APK yang dibagikan secara gratis disitus pribadi, saran saya sebaiknya instal APK dari Google Play yaitu dengan download aplikasi APK dari google play secara langsung.

Untuk mendapatkan APK dari Google Play bisa dilakukan melalui komputer atau laptop. Caranya sebagai berikut:
  • Pilih aplikasi mana yang ingin didownload. Sebagai contoh ingin download APK Aplikasi WhatsApp
  • Silahkan copy URL aplikasi tersebut seperti berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp atau lebih jelasnya pada gambar dibawah ini:
    tips memilih aplikasi android aman dan terbaik
  • Jika sudah anda copy, silahkan buka situs https://apps.evozi.com/apk-downloader/ kemudian pastekan URL yang sudah anda copy tai pada kolom yang sudah disediakan kemudian klik tombol "Generate Download Link"
    tips memilih aplikasi android terbaik
  • Selanjutnya anda sudah bisa download aplikasi versi APK dengan cara klik tombol "click here to download ............ now"
    tips cara memilih aplikasi android terbaik dan aman
  • Selesai. Anda sudah bisa instal aplikasi secara offline.

Sampai disini rasanya sudah cukup untuk memilih aplikasi android terbaik dan aman digunakan juga menghemat kantong anda.

Jika masih ada yang perlu didiskusikan lebih lanjut, silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar yang sudah tersedia.

Terima kasih atas kunjungannya.

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Click to comment